BAB I
PENCIPTAAN
MANUSIA DAN TUGASNYA
QS. AL-BAQARAH: 30, AL-MUKMINUN: 12-14, AZ-ZARIYAT: 56, AN-NAHL: 78
TP. 2011-2012
TP. 2011-2012
A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban
yang tepat.
1.
Firman
Allah swt. Dalam Surah Al-Mukminun ayat 12-14 membicarakan masalah:
a.
Kebesaran
Allah swt
b.
Sejarah
singkat manusia
c.
Proses
penciptaan manusia
d.
Kehendak
Allah swt atas alam
e.
Keadaan
manusia di bumi
2.
Manusia
yang lahir ke dunia tidak seperti lazimnya manusia(tidak melalui proses secara
alami adalah:
a.
Nabi
Adam dan Idris
b.
Mayoritas
Nabi dan Rasul
c.
Nabi
Isa
d.
Nabi
Adam, Hawa dan Nabi Isa
e.
Semua
Nabi dan Rasul
3.
Atas
kuasa dan kehendak Allah swt., Nabi Isa as., lahir ke dunia ini secara aneh,
karena:
a.
Dikejar-kejar
musuhnya hendak dibunuh
b.
Beliau
wafat tidak seperti kebanyakan manusia
c.
Di
samping menjadi Nabi juga menjadi Tuhan (menurut umat kristen)
d.
Wafatnya
misterius (diangkat Allah ke swt., ke langit)
e.
Beliau
lahir ke dunia tanpa perantara seorang ayah
4.
Manusia
diciptakan Allah swt., dari tanah. Kata “tanah” terjemahan dari lafal:
a.
طين
b.
خلقنا
c.
الانسان
d.
نطفة
e.
قرار
5.
Secara
ilmiah (ilmu pengetahuan), firman Allah swt., dalam surah Al-Mukminun ayat 67
terkait erat dengan ilmu:
a.
Botani
b.
Biologi
c.
Zoologi
d.
Fisika
e.
genetika
6.
salah
satu fase atau tahapan penciptaan manusia adalah sel telur yang telah dibuahi,
disebut:
a.
سللة
b.
نطفة
c.
مضغة
d.
مكين
e.
لحما
7.
Setelah
40 hari pertama, Nuthfah berubah menjadi segumpal darah. Kata “segumpal
darah” terjemahan dari lafal”
a.
لحما
b.
عظم
c.
علقة
d.
خلقا اخر
e.
قرار مكين
8.
Tahapan
pertama dalam rahim ibu, calon bayi berupa:
a.
Nuthfah
b.
Setetes
air mani
c.
Mudghah
d.
Cairan
kental
e.
Sekepal
daging
9.
Dengan
adanya kemajuan ilmu pengetahuan, manusia mengetahui bahwa tahapan-tahapan
penciptaan manusia dalam rahim ibunya berkaitan erat dengan ilmu:
a.
Botani
b.
Fisika
dan biologi
c.
Zoologi’
d.
Alam
dan tumbuh-tumbuhan
e.
biologi
10.
Setelah
sampai saatnya, janin lahir menjadi seorang bayi. Kata “bayi” tersirat dalam
lafal:
a.
لحما
b.
أنشأنه
c.
فتبارك
d.
خلقا اخر
e.
فكسونا
11.
Dalam
masa 40 hari keempat, mudghah berkembang menjadi:
a.
Sekerat
daging
b.
Tulang
yang dibalut daging
c.
Kerangka
janin
d.
Daging
yang diselimuti tulang
e.
Janin
yang siap lahir
12.
Sejak
Allah swt., menyatakan akan mencipta manusia di muka bumi, malaikat telah
mensinyalir bahwa manusia akan …
a.
Berbuat
kerusakan dan menumpahkan darah
b.
Saling
memfitnah terhadap sesamanya
c.
Menyembah
berhala
d.
Banyak
yang menjadi ingkar/kafir
e.
Banyak
yang mendustakan Rasul
13.
Tugas
manusia menururt QS. Al-Baqarah ayat 30 adalah:
a.
Sebagai
penguasa bumi
b.
Pemanfaat
bumi
c.
Manusia
di bumi
d.
Khalifah
di bumi
e.
Pemilik
bumi
14.
Manurut
QS. Adz-Dzariyat: 56, manusia diciptakan Allah swt., agar:
a.
Saling
mrengenal
b.
Berkembangbiak
c.
Hidup
rukun dan damai
d.
Mengakui
adany Allah
e.
Menghambakan
diri
15.
Menurut
QS. Al-Baqarah: 30, yang berjanji akan selalu bertasbih dan memuji Allah
adalah:
a.
Manusia
yang setia
b.
Semua
hamba Allah
c.
Malaikat
Allah
d.
Malaikat
dan Jin
e.
Manusia
mukmin
16.
Allah
swt., berfirman (terjemahannya): “… sesungguhnya Aku mengetahui apa-apa yang
kamu tidak ketahui”. Yang dimaksud “kamu” pada firman di atas adalah:
a.
Malaikat
b.
Khalifah
di bumi
c.
Rasulullah
saw
d.
Semua
manusia, baik kafir maupun mukmin
e.
Manusia
yang masih ragu
17.
Dalam
QS. Al-Baqarah ayat 30 telah diungkap ……….macam sifat atau watak manusia.
a.
Beberapa
b.
Satur
c.
Dua
d.
Tiga
e.
lima
18.
“Dan
Aku tidak menciptakan Jin dan Manusia, melainkan agar mereka menyembah-Ku”. Yang
dimaksud kata “Aku” dan kata ganti “Ku” pada terjemahan di atas adalah Allah
swt., karena:
a.
Ayat
tersebut firman Allah swt.
b.
Jin
dan Manusia harus menghambakan diri
c.
Jin
dan Manusia diciptakan
d.
Nabi
saw., tidak dapat menciptakan
e.
Jin
dan Mnausia ciptaan-Nya
19.
Dalam
QS. AL-Baqarah ayat 30, malaikat menyatakan kepada Allah swt., bahwa ia:
a.
Bertasbih
b.
Melaksanakan
perintah-Nya
c.
Bersujud
kepada-Nya
d.
Bertasbih
dan memuji-Nya
e.
Tidak
akan mendurhakai-Nya
20.
Kewajiban
menghambakan diri kepada Allah swt., terungkap dalam lafal:
a.
خلقت
b.
ليعبدون
c.
وماخلقت
d.
الجن
e.
والانس
BAB II
IKHLAS DALAM
BERIBADAH
QS. AL-AN’AM: 162-163, AL-BAYYINAH: 5
A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban
yang tepat.
1.
Kata
“ikhlas” berarti murni, yaitu ….
a.
Tidak
ada maksud apa-apa saat berbuat
b.
Tidak
tercampuri niat yang lain (hanya satu niat)
c.
Putih
bersih, tak bernoda sedikitpun
d.
Tidak
dipuji oleh siapa pun
e.
Tidak
punya tujuan apapun
2.
Islam
mendidik umatnya agar beramal secara ikhlas, yaitu beramal ..
a.
Tanpa
pamrih apa pun
b.
Sebaik
mungkin
c.
Dengan
niat karena Allah semata
d.
Menjalankan
perintah Allah
e.
Dengan
satu niat saja
3.
Berikut
ini adalah contoh perbuatan yang dilakukan secara ikhlas, kecuali:
a.
Ayahku
menyantuni anak yatim karena melaksanakan perintah Allah semata
b.
Ibuku
merelakan utang (diikrarkan sebagai sedekah) kepada temannya karena mencari
ridha Allah semata.
c.
Temanku
sekarang tidak lagi berjudi karena menaati larangan Allah
d.
Merasa
kasihan melihat tetangganya yang miskin, menyetujui tetnagganya memberi bantuan
kepadanya
e.
Aku
tak mau berdusta, karena berdusta termasuk larangan agama
4.
Saat
melaksanakan shalat kita mengucapkan: ان صلاتى ونسكى ومحياي ومماتى لله رب العلمين
Pada bacaan di atas, kita menyerahkan ……. perkara kepada Rabb
semesta alam.
a.
Empat
b.
Lima
c.
Enam
d.
Tujuh
e.
Beberapa
5.
Orang
Islam yang tidak mau melaksankan shalat, pada hakekatnya ia masih kafir,
karena:
a.
Perbuatannya
tidak sesuai dengan ucapannya
b.
Setiap
muslim seharusnya mau melaksanakan shalat
c.
Shalat
bukan perkara yang sulit untuk silaksanakan
d.
Shalat
salah satu dari pokok-pokok aqidah Islam
e.
Shalat
salah satu dari pokok-pokok ibadah
6.
Pada
awalnya kata “nusuk” berarti:…
a.
Hewan
kurban dan aqiqah
b.
Penyembelihan
hewan kurban
c.
Pengorbanan
berupa hewan
d.
Ibaadah
haji dan umrah
e.
Dam
dalam ibadah haji
7.
Menyerahkan
semua peribadatan kepada Allah swt, berarti:
a.
Mengesakan
Allah swt
b.
Menaati
Allah swt
c.
Beribadah
kepada Allah swt
d.
Berusaha
meluruskan agama Allah swt
e.
Menghambakan
diri kepada Allah swt
8.
Adapun
penyembahan kepada selain Allah disebut perbuatan:
a.
Riddah
b.
Nifaq
c.
Syirik
d.
Ifsad
e.
Dhalim
9.
Seseorang
disebut kafir apabila ia:
a.
Sering
berbuat dosa
b.
Tidak
mengagungkan Allah swt
c.
Pernah
berbuat dosa besar
d.
Mendustakan
adanya Allah swt
e.
Mengingkari
kebesaran Allah swt
10.
Perbuatan
baik yang dilakukan dengan maksud diketahui orang lain dan mencari ridha Allah
berarti dia telah berbuat:
a.
Bermuka
dua
b.
Tidak
konsisten
c.
Israf
atau tabdzir
d.
Fasad
atau fasid
e.
Syirik
11.
Orang
yang berbuat baik secara ikhlas disebut:
a.
Muhsin
b.
Mushlih
c.
Mursyid
d.
Ihsan
e.
Mukhlish
12.
Allah
swt, adalah pencipta, pemilik, pengatur dan penguasa alam alam semesta. Oleh
sebab itu Allah swt, disebut:
a.
الرحمن
b.
رب العالمين
c.
رحمة للعالمين
d.
العالمين
e.
اله الناس
13.
Seseorang
dikatakan menyekutukan Allah swt, apabila ia:
a.
Mempercayai
ada Jin di tempat tertentu
b.
Mendatangi
kuburan walisongo atau tokoh lainnya
c.
Membaca
ayat Alquran setiap ada kesempatan
d.
Menentukan
sikap (jadi berbuat atau tidak) dengan undian anak panah
e.
Mempercayai
adanya Jin dan makhluk halus lainnya di tempat-tempat tertentu
14.
Berikut
ini adalah ciri-ciri perbuatan ikhlas, kecuali:
a.
Berbuat
baik, walau tidak dilihat orang lain
b.
Perbuatan
baik yang dilakukan dipuji orang
c.
Merasa
puas karena masyarakat lingkungan menyatakan baik terhadap perbuatannya
d.
Memiliki
emosi yang stabil saat berbuat kebaikan atau tidak berbuat
e.
Tidak
berbuat baik karena kondisi tidak memungkinkan untuk berbuat baik
15.
Mereka
tidak diperintahkan kecuali agar menyembah Allah …(QS. Al-Bayyinah: 5) kata agar
menyembah terjemahan dari lafal ….
a.
ليعبدوا
b.
امروا
c.
الا
d.
حنفاء
e.
مخلصين
16.
Menyembah
Allah dengan memurnikan peribadatan kepada-Nya berarti ibadah yang dilakukan
harus:
a.
Rame
ing gawe, sepi ing pamrih
b.
Cepat
kaki ringan tangan
c.
Harus
disertai tujuan yang jelas
d.
Ikhlas
karena Allah semata
e.
Ikhlas
tanpa nuat apapun
17.
Allah
swt, berfirman: padahal mereka tidak disuruh kecuali supaya menyembah Allah
dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam menjalankan agama dengan lurus…QS.
Al-Bayyinah: 5. Memurnikan ketaatan kepada-Nya bersrti menyembah Allah …
a.
Secara
sungguh-sungguh atau khusyuk
b.
Dengan
niat yang utuh, tidak separoh hati
c.
Dengan
satu niat, yakni mencari ridha-Nya
d.
Tanpa
harapan sesuatu dari siapapun juga
e.
Secara
ikhlas tanpa menyembunyikannya (rela dilihat orang lain)
18.
Menjalankan
agama Islam dengan lurus berarti..
a.
Melaksanakan
ajaran agama tanpa keragu-rraguan sedikitpun
b.
Menjalankan
ajaran agama sesuai petunjuk Rasulullah saw
c.
Meluruskan
kekeliruan dalam melaksanakan ajaran agama
d.
Tidak
mau pindah agama selama hidup (tetap Islam)
e.
Tidak
memilih-milih dalam menjalankan ajaran agama
19.
Menurut
Islam ungkapan “berbuat tanpa pamrih” dinyatakan …
a.
Sesuai
ajaran Islam dan pantas untuk diteladani
b.
Amat
baik dan seharusnya diteladani oleh setiap muslim dan muslimat
c.
Semata-mata
karena menaati perintah Allah swt
d.
Baik
sekali, karena sesuai dengan hati nurani setiap muslim dan muslimat
e.
Tidak
benar, karena Islam mendidik umatnya agar berbuat baik karena Allah
20.
Yang
dimaksud “mendirikan shalat” QS. Al-Bayyinah: 5 adalah:
a.
Melaksanakan
shalat sesuai sunnah Rasulullah saw
b.
Tak
pernah meninggalkan shalat fardhu lima kali sehari semalam
c.
Tertib
dalam melaksankan shalat, tidak mengabaikannya sama sekali
d.
Melaksanakan
shalat dengan bacaan yang tartil
e.
Ikhlas
dalam melaksankan shalat tanpa keberatan sedikitpun.
BAB III
ASMAUL HUSNA
A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban
yang tepat.
1.
Hanya
Allah-lah yang pantas memiliki Asmaul Husna, sesuai dengan….
a.
Nama-nama-Nya
b.
Keberadaan-Nya
c.
Keagungan-Nya
d.
Yang
tersebut di dalam Alquran
e.
Dengan
kelemahan manusia
2.
Berikut
ini adalah anti sifat اسماء ,
kecuali:
a.
Penamaan
b.
Sebutan
c.
Beberapa
nama
d.
Panggilan
e.
Nama-nama
3.
Adanya
Asmaul Husna sebagai bukti..
a.
Adanya
alam semesta ciptaan-Nya
b.
Kebesaran
dan keagungan-Nya
c.
Kemurnian
ayat-ayat suci Alquran
d.
Adanya
Khaliq dan makhlik-Nya
e.
Keindahan-Nya
4.
Berikut
ini adalah arti lafal الحسنى ,
kecuali:
a.
Yang
bagus-bagus
b.
Yang
indah dan baik
c.
Yang
baik-baik
d.
Yang
mempesona dan dikagumi
e.
Yang
baik, yang indah
5.
Menyebut
Allah dengan menggunakan Asmaul Husna berarti:
a.
Menyembah-Nya
dengan tulus
b.
Suatu
cara mengimani ada-Nya
c.
Suatu
cara untuk Mengenal-Nya
d.
Mengakui
keberadaan Dzat Allah swt
e.
Menyebut
dengan nama kebesaran-Nya
6.
Sebagai
seorang muslim, menyebut nama Allah dengan menggunakan Asmaul Husna hukumnya:
a.
Mubah
b.
Fardhu
kufayah
c.
Sunah/sunat
d.
Makruh
karena dinilai tidak sopan
e.
Wajib
karena dinilai sangat sopan
7.
Mempercayai
adanya sembahan selain Allah swt. Adalah suatu kesalahan besar, karena Dia
bersifat:
a.
الباقى
b.
الغنى
c.
الرزاق
d.
الواحد
e.
التواب
8.
Firman
Allah swt. ويبقى وجه ربك menjelaskan
tentang:
a.
Kebesaran-Nya
b.
Kekekalan-Nya
c.
Kesucian-Nya
d.
Keagungan-Nya
e.
Kesempurnaan-Nya
9.
Allah
swt. Esa Dzatnya. Maksudnya adalah:
a.
Allah-lah
Rabb semesta alam
b.
Allah-lah
yang sembahan manusia
c.
Tiada
yang menyekutukan-Nya
d.
Dialah
satu-satunya Allah yang haq
e.
Dialah
yang pencipta
10.
Lafal
ayat الله الصمد menyatakan
bahwa Allah swt ….
a.
Tidak
akan binasa
b.
Disembah
makhluk-Nya
c.
Berbeda
dengan makhluk-Nya
d.
Esa
dzatnya
e.
Tempat
memohon
11.
Allah
swt, Maha Hidup dan terus-menerus mengurus makhluk-Nya, karena Dia bersifat:
a.
الغنى
b.
الاحد
c.
العليم
d.
الباقى
e.
القيوم
12.
Allah
swt, bersifat ………. Oleh sebab itu tak perlu kita takut.
a.
Berusaha
sesuai kemampuan
b.
Bersusah
payah dalam usaha
c.
Kehilangan
pahala-Nya
d.
Miskin
karena bersedekah
e.
Kepada
yang lain (selain Dina)
13.
Janganlah
engkau putus asa atas dosa yang telah terlanjur kau perbuat, karena Allah
bersifat:
a.
الرزاق
b.
التواب
c.
الغنى
d.
الواحد
e.
المنتقم
14.
Allah
swt, menciptakan makhluk yang berbeda-beda wujud dan bentuknya, sesuai
sifat-Nya yakni:
a.
الوجود
b.
العلم
c.
المصور
d.
المحي
e.
الباعث
15.
Bertuabat
harus mengandung unsur-unsur berikut ini, kecuali:
a.
Memahami
kesalahannya secara jelas
b.
Tidak
akan mengulangi perbuatan dosa yang telah dilakukan
c.
Ada
tanda-tanda penyesalan yang sungguh-sungguh
d.
Berusaha
kembali kejalan yang benar
e.
Menutupi
perbuatan disanya dengan perbuatan baik
16.
Salah
satu bukti bahwa Allah bersifat المصور adalah:
a.
Manusia
ada yang cantik, tampan, berhidung mancung, pesek dan sebagainya
b.
Banyaknya
jumlah makhluk di dunia ini
c.
Ada
manusia, ada hewan dan ada tumbuhan
d.
Jika
telah smpai saatnya manusia pasti mati
e.
Manusia
menerima balasan amalnya kelak di hari akhir
17.
Allah
swt. Berfirman كل من عليها فان # ويبقى وجه ربك ....
Firman di atas berisi tentang:
a.
Manusia
hidup di atas bumi
b.
Semua
makhluk hancur, Allah kekal
c.
Sikap
manusia yang berbeda-beda
d.
Keteladanan
manusia
e.
Awal
kejadian manusia
18.
Kelak
di hari akhhir manusia dibangkitkan dari alam kubur, karena Allah bersifat:
a.
الغنى
b.
الباقى
c.
الباعث
d.
المصور
e.
الواحد
19.
Allah-lah
yang menghidupkan semua makhluk, karena Dia bersifat:
a.
الاحد
b.
الحي
c.
القيوم
d.
العليم
e.
المحي
20.
Manakah
yang tidak termasuk ke dalam perilaku
orang beriman, yang menjadikan sifat-sifat Allah swt dalam Asmaul husna, sebagai
petunjuk jalan…
a.
Berperilaku
penuh kasih sayang
b.
Memutuskan
perkara dengan adil
c.
Perilakunya
selalu bermanfaat
d.
Mendamaikan
orang yang berselisih
e.
Berteman
dengan semua makhluk tuhan
B.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat.
1.
Mungkinkah
para Rasul memiliki Asmaul husna? Jelaskan?
2.
Apakah
yang menjadi sebab diturunkannya surat Al-Isra’ ayat 110?
3.
Rasulullah
saw, menyebut nama Allah “Ar-Rahman”. Bagaimanakah tanggapan orang-orang
musyrik yang mendengar doa Rasulullah saw, tersebut?
4.
Allah
swt, Esa dalam sifat dan zat-Nya. Bagaimankah maksudnya?
5.
Allah
Maha Mendengar, manusia juga mendengar. Bagaimanakah perbedaan pendengaran
Allah dengan pendengaran manusia?
6.
Islam
mendidikm umatnya agar tidak putus asa dan murung karena suatu doa yang
terlanjur dilakukann. Mengapa demikian?
7.
Kemukakan
contoh bahwa Allah bersifat المصور
?
8.
Allah
swt, bersifat المنتقم
bagaimanakah
sikap kita dengan adanya sifat tersebut?
9.
Allah
swt, berfirman: وان
تعدوا نعمة الله لا تحصوها berisi apakah firman tersebut?
10.
Allah
swt, berfirman: انا
من المجرمين منتقمون berisi apakah firman tersebut?
BAB IV
AKHLAQUL KARIMAH
A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban
yang tepat.
1.
Kata
“Dhan” mempunyai banyak arti. Berikut ini adalah arti kata dhan kecuali:
a.
Sangkaan
b.
Dugaan
c.
Kecurigaan
d.
Perkiraan
e.
Prasangka
2.
Orang-orang
yang beriman wajib untuk menjauhi (bersikap hati-hati) terhadap prasangka
karena:
a.
Setiap
prasangka termasuk dosa
b.
Mengandung
ketidakpastian
c.
Mungkin
benar dan mungkin salah
d.
Sebagian
prasangka termasuk dosa
e.
Belum
diketahui yang sebenarnya
3.
Adapun
yang wajib dijauhi adalah:
a.
Beberapa
jenis dhan
b.
Su-udhan
c.
Su-udhan
dan husnudhan
d.
Semua
dhan
e.
Sebagian
dari dhan
4.
Bagi
muslim dan muslimat, Husnudhan kepada Allah swt, hukumnya:
a.
Mubah
b.
Sunah
c.
Mandhub
d.
Jaiz
e.
Wajib
5.
Perintah
untuk menjauhi (bersikap hati-hati) terhadap prasangka terungkap dalam lafal:
a.
اجتنبوا كثيرا من الظن
b.
يايها الذين امنوا
c.
ان بعض الظن
d.
اثم
e.
ولا تجسسوا
6.
Prasangka
yang haram hukumnya dan menimbulkan dosa ialah:
a.
Yang
mengandung ketidakpastian
b.
Husnudhan
c.
Sunah
pada hal-hal tertentu
d.
Prasangka
yang belum jelas benarnya
e.
Su-udhan
7.
Hukum
husnudhan kepada kepada Rasulullah saw, adalah:
a.
Sunah
ghairu muakkad
b.
Sunah
muakkad
c.
Sunah
pada hal-hal tertentu
d.
Wajib
dalam hal keagamaan
e.
Makruh
dalam hal-hal tertentu
8.
Saat
menerima musibah, sikap orang yang husnudhan kepada Allah swt, pasti:
a.
Memikirkan
sebab kejadiannya
b.
Tidak
bersedih hati
c.
Memandangnya
sebagai ujian hidup
d.
Memperhatikannya
baik-baik
e.
Memandangnya
dari berbagai segi
9.
Husnudhan
kepada Allah swt, saat menerima musibah berarti meyakini bahwa setiap musibah
pasti …
a.
Ada
ujiannya
b.
Ada
hikmahnya
c.
Tidak
berlangsung lama
d.
Tak
akan berdampak apapun
e.
Berdampak
positif dan negatif
10.
Adapun
orang yang tidak husnudhan kepada Allah swt, dalam menerima suatu musibah
senantiasa:
a.
Memikirkan
buruknya (kesedihannya)
b.
Sulit
mengatasi masalahnya
c.
Tidak
puas walaupun dapat mengatasinya
d.
Tidak
dapat berhasil dalam meraih cita-cita
e.
Gegabah
dalam mengatasinya
11.
Allah
swt, berfirman: ما
انزلنا عليك القران لتشقى (طه: 2)
Menurut ayat di atas, turunnya Alquran bukan untuk:
a.
Dipikirkan
secara mendalam
b.
Diperselisihkan
isinya
c.
Menyusahkan
manusia
d.
Dipelajari
lengkap dengan maksudnya
e.
Memperdayakan
orang kafir
12.
Diturunkannya
QS. Thaha ayat 1 – 5 sebagai sanggahan terhadap anggapan orang kafir yang
mengira bahwa Alquran hanya:
a.
Rekayasa
Nabi Muhammad saw, sendiri
b.
Untuk
mempersulit manusia
c.
Untuk
orang quraisy saja
d.
Mencemooh
sembahan mereka
e.
Berisi
kebohongan belaka
13.
Allah
swt, berfirman: الا
تذكرة لمن يخشى (طه: 3)
Ayat di atas menjelaskan bahwa fungsi Alquran adalah:
a.
Bacaan
yang sangat indah bahasanya
b.
Sebagai
pelajaran bagi umat Islam
c.
Pelajaran
yang amat berharga
d.
Bacaan
yang suci
e.
Peringatan
bagi orang yang takut (taqwa) kepada Allah swt.
14.
QS.
Ali Imran ayat 164 menjelaskan bahwa hadirnya Islam di tengah-tengah kehidupan
manusia merupakan nikmat bagi….
a.
Orang-orang
yang beriman
b.
Setiap
umat beragama
c.
Diri
Nabi saw, sendiri
d.
Orang
yang mau memahaminya
e.
Tahu
akan isinya
15.
Alquran
akan bermanfaat bagi manusia apabila …
a.
Diyakini
kebenaran ajarannya
b.
Dipahami
baik-baik isinya
c.
Diterima
dengan kesadaran yang tinggi
d.
Diterapkan
ajarannya dalam kehidupan
e.
Tidak
didustakan kebenaran isinyaa
16.
Berikut
ini adalah prasangka buruk orang-orang kafir terhadap Alquran, kecuali:
a.
Alquran
diturunkan justru menyusahkan manusia
b.
Alquran
adalah hasil rekayasa Nabi Muhammad saw
c.
Kitab
suci yang paling banyak kesalahannya adalah Alquran
d.
Nabi
Muhammad telah menyihir mereka dengan Alquran
e.
Ajarannya
banyak dikarang oleh Nabi Muhammad saw
17.
Setiap
muslim dilarang su-udhan kepada:
a.
Orang-orang
kafir
b.
Allah
swt dan Rasulullah saw
c.
Allah
dan semua Rasul-Nya
d.
Siapa
pun juga
e.
Allah
swt, Rasulullah saw dan Alquran
18.
Husnudhan
kepada sesama manusia hukumnya…..
a.
Makruh
b.
Mubah
c.
Sunah
muakkad
d.
Wajib/fardhu
e.
Sunah
ghairu muakkad
19.
Husnudhan
kepada sesama manusia …..
a.
Tidak
berdampak apapun
b.
Berdampak
positif bagi diri sendiri
c.
Terkadang
berdampak negatif
d.
Sering
berdampak positif bagi kedua belah pihak
e.
Berdampak
negatif bagi salah satu pihak
20.
Berikut
ini adalah contoh su-udhan kepada sesama manusia, kecuali ….
a.
Cemas
apabila sesuatu yang dititipkan tidak sampai kepada alamatnya
b.
Membatasi
diri bergaul dengan orang yang belum dikenal secara akrab
c.
Jarang
bergaul karena khawatir tertipu olehnya
d.
Tidak
bersedia dititipi sesuatu dari orang lain
e.
Mempercayakan
sutau urusann kepada orang lain
B.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat.
1.
Dhan
mengandung unsur ketidkapastian. Bagaimana maksudnya?
2.
Mengapa
kita diwajibkan untuk menjauhi kebanyakan dhan?
3.
Kemukakan
sebuah contoh su-udhan seorang siswa terhadap temannya?
4.
Kemukakan
sebuah contoh seorang siswa yang husnudhan kepada gurunya?
5.
Apakah
dampak positif husnudhan Mukhlis terhadap gurunya?
6.
Kemukakan
sebuah contoh husnudhan kepada Allah swt?
7.
Mengapa
su-udhan kepada sesama manusia dilarang dalam agama?
8.
Kemukakan
contoh dampak negatif su-udhan terhadap sesama teman?
9.
Fungsi
Alquran menurut QS. Thaaha ayaat 3 adalah sebagai peringatan bagi orang-orang
yang takut kepada Allah. Apa maksudnya?
10.
Kita
dibolehkan husnudhan kepada sesama manusia? Mengapa diperbolehkan?
BAB V
SUMBER HUKUM ISLAM (1)
A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban
yang tepat.
1.
Ajaran
Islam terkait erat dengan ajaran agama samawi sebelumnya, karena…
a.
Semua
agama samawi sebelumnya mengajarkan tauhid
b.
Agama
samawi terdahulu merupakan wahyu dari Allah swt
c.
Ajaran
Islam menyempurnakan ajaran agama samawi terdahulu
d.
Mencakup
seluruh aspek kehidupan walau secara global
e.
Islam
mengajarkan tauhid
2.
Kesamaan
ajaran agama samawi terdahulu dengan ajaran Islam adalah:
a.
Karena
sama-sama didakwahkan oleh para Rasul Allah swt
b.
Agama
Islam dan agama samawi terdahulu sama-sama mengajarkan tauhid
c.
Ajaran
tauhid berarti ajaran tentang ke-esaan Allah swt
d.
Beriringan
masa berlakunya agama-gama tersebut
e.
Sama-sama
metode penyiarannya, yaitu secara damai
3.
Secara
urut, sumber hukum Islam adalah:
a.
Wahyu,
Alquran, Hadis
b.
Alkitab,
Alquran, Hadis
c.
Ijtihad,
Hadis, Alquran
d.
Hadis,
Ijtihad, Alquran
e.
Alquran,
Hadis, Ijtihad
4.
Sebagai
agama yang sempurna, ajaran Islam ….
a.
Mengikuti
ajaran agama samawi terdahulu
b.
Menguraikan
seluruh permasalahan hidup secara mendetail
c.
Terbatas
untuk kehidupan kaum muslimin pada suatu masa
d.
Mencakup
seluruh aspek kehidupan manusia walau secara global
e.
Berlaku
bagi seluruh umat manusia, baik muslim maupun nonmuslim
5.
Hadirnya
Islam ditengah-tengah kehidupan manusia merupakan nikmat bagi ..
a.
Orang-orang
yang beriman kepadanya
b.
Manusia
pada zamannya
c.
Mukmin,
mukminat dan musyrik
d.
Semua
manusia sepanjang masa
e.
Muslim,
kafir dan munafik
6.
“Sesungguhnya
kami telah menurunkan kitab (Alquran) kepadamu dengan membawa kebenaran…” (terjemahan
QS. An-Nisaa’: 105). Yang dimaksud “kami”dalam firman tersebut adalah
Allah swt, karena …..
a.
Ayat
tersebut firman Allah swt
b.
Huruf
pertamanya ditulis dengan huruf besar
c.
Allah
Mahakuasa, karena Dia-lah Rab semu manusia
d.
Dia
pencipta alam semesta termasuk manusia
e.
Tidak
ada kesalahan padanya
7.
Adapaun
yang dimaksud “kamu” pada terjemahan di atas adalah Nabi Muhammad saw,
karena…
a.
Beliau
utusan Allah swt, dan penutup semua Nabi
b.
Allah
swt, memilihnya sebagai Rasul yang diamanati mendakwahkan Islam
c.
Beliaulah
yang menerima firman tersebut
d.
Beliau
termasuk Rasul Ulul Azmi
e.
Di
samping menjadi Nabi, beliau juga seorang Rasul Allah di akhir zaman
8.
Bagi
seorang kafir, kitab suci Alquran dipandang sebagai ….
a.
Kitab
ajaib yang tak dapat direkayasa
b.
Suatu
kebenaran yang menakjubkan hati mereka
c.
Peringatan
keras buat mereka yang harus ditaati dengan sepenuh hati
d.
Perkara
yang mempersulit hidup maanusia
e.
Pembicaraan
yang tidak jelas ujung dan pangkalnya
9.
Menggunakan
Alquran sebagai hakim berarti …
a.
Menentukan
hakim sesuai petunjuk Alquran
b.
Mengadili
manusia (menyelesaikan persoalannya) berdasarkan hukum Alquran
c.
Membimbing
seluruh manusia agar menjadi hamba yang taat
d.
Memberi
pelajaran kepaada manusia agar menjadi hamba yang berbakti
e.
Mengikuti
petunjuk Alquran dalam memilih dan mengangkat hakim
10.
Allah
swt berfirman: انا
انزلنا اليك الكتب بالحق لتحكم بين الناس بما ارك الله
“Sesungguhnya kami telah menurunkan Kitab (Alquran) kepadamu dengan
membawa kebenaran, supaya kamu mengadili antara manusia dengan apa yang telah
Allah turunkan kepadamu.” QS. An-Nisaa’:
105. Kalimat “agar kamu mengadili” terjemahan lafal:
a.
اليك الكتب
b.
بالحق
c.
بما ارك
d.
انزلنا
e.
لتحكم
11.
Berdasarkan
QS. An-Nisaa’: 59, apabila terjadi perselisihan dalam mengatasi suatu masalah
kita wajib untuk …
a.
Mampu
menahan diri, kemudian memecahkannya dengan kepala dingin
b.
Menggunakan
petunjuk (hukum) Alquran dan Hadis
c.
Bermusyawarah
untuk mencapai mufakat
d.
Menganalisis
sungguh-sungguh permasalahannya agar tidak salah langkah
e.
Perlu
mempertimbangkan masak-masak dengan petunjuk Rasul
12.
Adapun
lafal yang memerintahkan menggunakan hukum Alquran adalah:
a.
فان تنازعتم
b.
فردوه الى الله
c.
فى شيئ
d.
اطيعوا الله
e.
واطيعوا الرسول
13.
Bagi
setiap muslim dan muslimat, menaati hukum Rasulullah saw, bersifat:
a.
Istimewa
dan unik
b.
Semu/relatif
tidak mutlak
c.
Mutlak
tidak terbatas
d.
Sementara
(selama masa tugas Rasul)
e.
Suka
rela sesuai kemampuan sendiri
14.
Menggunakan
petunjuk Alquran dalam menyelesaikan suatu masalah bersrti ….
a.
Berhakim
kepada Alquran
b.
Mengakui
secara sungguh-sungguh kebenaran Alquran
c.
Memilih
hakim berdasarkan petunjuk Alquran
d.
Memahami
tata cara penerapan hukum Alquran
e.
Mempercayai
(tidak mengingkari) Alquran
15.
Allah
swt, berfirman: ومن
لم يحكم بما انزل الله فاولئك هم الكفرون
Menurut ayat tersebut seseorang dikatakan kafir apabila ….
a.
Tidak
mampu menguasai hukum-hukum Alquran
b.
Meragukan
kebenaran petunjuk Alquran
c.
Tidak
mau memahami petunjuk-petunjuk Alquran secara sungguh-sungguh
d.
Tidak
mau berhakim (tidak menggunakan hukum) yang ada dalam Alquran
e.
Enggan
mempelajari hukum-hukum Alquran
16.
Menurut
QS. An-Nisaa ayat 59, apabila kita tidak mendapatkan hukum Alquran untuk
memecahkan permasalahan, seharusnya kita ….
a.
Tanyakan
kepada orang yang pandai dalam berbagai bidang ilmu
b.
Lakukan
ijtihad sesuai kemampuan akal pikiran sendiri
c.
Cari
pemecahannya dengan menggunakan Hadis Rasulullah saw
d.
Tanyakan
kepada Ulama ahli tafsir Alquran
e.
Tinggalkan
dahulu persoalan tersebut untuk sementara waktu
17.
Menurut
QS. An-Nisaa ayat 80, orang yang menaati Rasul berarti dia telah:
a.
Dipastikan
masuk jannah Firdaus
b.
Tergolong
selamat dunia akhirat
c.
Bersahabat
secara akrab dengan Rasul
d.
Menepati
janjinya kepada Rasul
e.
Menaati
Allah swt
18.
Hadis
adalah ucapan, perbuatan dan ……………
a.
Taqrir
Nabi saw
b.
Anjuran-anjuran
Nabi saw
c.
Akhlak
Nabi saw
d.
Larangan-larangan
Nabi saw
e.
Perintah,
larangan dan anjuran Nabi saw
19.
Terhadap
ayat-ayat Alquran yang masih mujmal (global), Hadis berfungsi sebagai:
a.
Penyempurna
Alquran
b.
Pendamping
Alquran
c.
Pengganti
kedudukan Alquran
d.
Penafsir
Alquran
e.
Pembela
Alquran
20.
Dalam
QS. Al-Jumu’ah ayat 9 ditegaskan bahwa setiap mukmin wajib melaksanakan shalat
jum’at, sedangkan menurut Hadis Nabi saw, dinyatakan ada 4 golongan yang tidak
wajib melaksanakan jum’atan. Dalam hal ini, fungsi Hadis adalah:
a.
Membenarkan
Alquran
b.
Membatasi
keumuman Alquran
c.
Melengkapi
kekuraangan ayat Al-quran
d.
Meluruskan
Alquran
e.
Peneguh
kebenaran Alquran
B.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat.
1.
Apa
sajakah sumber hukum Islam itu? Tuliskan secara urut?
2.
Rasulullah
saw, adalah manusia. Mengapa ucapan, perbuatan dan sikap diamnya dijadikan
sumber hukum Islam?
3.
Dapat/bolehkah
Hadis menafsirkan Alquran? Kemukakan contohnya (jika ada)?
4.
Alquran
menyatakan bahwa setiap orang yang beriman wajib melaksankan shalat Jum’at.
Berdosakah bila seorang perempuan tidak melaksanakan shalat Jum’at di masjid
padahal tidak ada halangan apa pun? Kemukakan alasanmu?
5.
Setiap
muslim dan muslimat diwajibkan berhakim kepada Alquran. Bagaimanakah maksudnya?
6.
Untuk
menaati Allah, cukuplah bila kita menaati Rasulullah saw. Mengapa demikian?
7.
Salah
satu syarat Hadis shahih sanadnya harus bersambung. Bagaimanakah maksudnya?
8.
Imam
Bukhari terkenal sebagai perawi Hadis. Apakah perawi Hadis itu?
9.
Dibagi
menjadi berapakah Hadis shahih? Tuliskan?
10.
Apakah
yang dimaksud Hadis shahih lighairih?
BAB VI
SUMBER HUKUM ISLAM (2)
A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban
yang tepat.
1.
Secara
bahasa, kata “Ijtihad” berarti:
a.
Perjuangan
b.
Berjuang
c.
Semangat
yang tinggi
d.
Mensurahkan
perhatian
e.
Bersungguh-sungguh/kesungguhan
2.
Orang
yang ijtihad pada hakekatnya sedang mencari, yaitu mencari:
a.
Alternatif
yang lebih tepat
b.
Ketuntasan
berpikir ilmiah
c.
Maksimalnya
kemampuan berpikir
d.
Ketetapan
hukum suatu masalah
e.
Kemandirian
putusan
3.
Orang
yang ijtihad diesbut:
a.
Mujadid/mujadidah
b.
Mujtahid
c.
Mujahidah
d.
Mujahid/mijahidah
e.
Mujahadah
4.
Syarat
mutlak yang harus dimiliki orang yang ijtihad antara lain:
a.
Hafal
Alquran secara tuntas
b.
Putusan
hasil ijtihad yang tepat
c.
Kemampuan
menganalisis suatu permasalahan
d.
Kemampuan
manghafal Hadis
e.
Kemampuan
bekerja sama yang baik
5.
Dibubkanya
kesempatan ijtihad berlaku dalam masalah yang ….
a.
Belum
ada ketetapan hukumnya dalam Alquran dan Hadis
b.
Diperselisihkan
ulama status hukumnya
c.
Benar-benar
baru, belum dilakukan ijtihad oleh para ulama terdahulu
d.
Bersifat
umum , tidak menyangkut pribadi seseorang
e.
Tidak
diperselisihkan status hukumnya oleh para ulama terdahulu
6.
Putusan
hukum suatu ijtihad tidak boleh …
a.
Diakui
sebagai suatu kbenaran
b.
Bertentangan
dengan pendapat masyarakat pada umumnya
c.
Bertentangan
dengan nas dalam Alquran dan Hadis
d.
Menyinggung
perasaan peserta ijtihad itu sendiri
e.
Tidak
sesuai dengan pendapat kebanyakan orang
7.
Putusan
yang diambil mujtahid yang satu mungkin sekali berbeda dengan mujtahid lain,
karena:
a.
Sudah
banyak terjadi perbedaan pendapat di masa lalu
b.
Tidak
mungkin suatu permasalahan dapat diselesaikan secara tuntas
c.
Semua
orang mempunyai akal pikiran yang berbeda
d.
Mungkin
saja ada perbedaan waktu dan tempat
e.
Hasil
ijtihad dipengaruhi oleh kemampuan dan keluasan berpikir mujtahidnya
8.
Mukallaf
adalah salah satu syarat bagi mujtahid. Adapun yang dimaksud mukallaf adalah:
a.
Muslim
dan muslimat Islam yang benar-benar telah dewasa dalam berpikir
b.
Orang
Islam yang telah dewasa dan sehat akalnya
c.
Muslim
yang tidak pernah berbuat dosa, baik dosa kecil maupun besar
d.
Muslim
yang terpandang, berilmu dan terpercaya
e.
Ulama
terpandang, tidak pernah berbuat dosa dan taat beribadah
9.
Ijtihad
bukan perkara yang kecil, karena menyangkut masalah:
a.
Aktual
dan mendesak
b.
Pribadi
dan masyarakat
c.
Harus
dipecahkan secara bersama
d.
Hukum
agama
e.
Sosial
masyarakat
10.
Seorang
mujtahid harus memenuhi syarat-syarat berikut in, kecuali:
a.
Mampu
menghafal sebagian besar Hadis
b.
Paham
benar kaidah-kaidah bahasa Arab dengan berbagai cabang ilmunya
c.
Paham
terhadap ilmu Usul Fiqh (pokok-pokok hukum Islam)
d.
Memiliki
keterampilan cara mengurai dan menyimpulkan suatu masalah
e.
Mukallaf
11.
Putusan
hasil ijtihad dinyatakan tidak sah apabila:
a.
Tidak
disetujui sebagian besar ulama
b.
Bertolak
belakang dengan putusan mujtahid sebelumnya
c.
Bertentangan
dengan ayat suci Alquran dan atau Hadis
d.
Tidak
sesuai dengan tuntutan masyarakat
e.
Tidak
sesuai dengan hasil ijtihad ulama terdahulu
12.
Ijtihad
pertama kali dilakukan oleh:
a.
Khulafaurrasyidin
b.
Sahabat
Mua’az bin Jabal yang ditugasi sebagai Gubernur di Yaman
c.
Para
sahabat Rasulullah saw, yang bergaul akrab dengan beliau
d.
Malaikat
Jibril bersama Rasulullah saw, pada setiap turun wahyu
e.
Khalifah
Utsam bin Affan ketika hendak membukukan Hadis Nabi saw
13.
Dengan
dibukanya kesempatan ijtihad, memberi kesan bahwa …
a.
Sebagian
ajaran Islam memang masih perlu disempurnakan
b.
Ajaran
Islam sama dengan akal pikiran dan perasaan manusia
c.
Ijtihad
memuaskan hati manusia karena kehendaknya terpenuhi
d.
Islam
menghendaki umatnya mampu berpikir secara sehat dan benar sesuai Islam
e.
Masalah
yang muncul di kalangan masyarakat semakin banyak dan berkembang
14.
Rasulullah
saw, menyatakan bahwa mujtahid memperoleh satu pahala apabila:
a.
Ijtihanya
keliru/salah
b.
Sesuai
dengan pendapat ulama terdahulu
c.
Hasil
ijtihadnya diakui banyak orang
d.
Sesuai
hukum dalam Alquran
e.
Hasil
ijtihadnya tepat
15.
Apabila
hasil ijtihadnya benar, oleh Rasulullah saw, dinyatakan mendapat:
a.
Jaminan
masuk surga
b.
Selamat
dari siksa neraka
c.
Banyak
pahala sampai tak terhingga
d.
Selamat
dari gangguan setan
e.
Dua pahala
16.
Ijtihad
lebih tepat apabila dilakukan oleh:
a.
Fuqaha’
(para ahli hukum agama)
b.
Para
ahli mengurai dan menyimpulkan masalah
c.
Wakil-wakil
rakyat yang mendapat dukungan masyarakat
d.
Sultan
atau raja terpilih di kalangan kaum muslimin
e.
Seorang
guru yang profesional dan tangguh
17.
Di dalam
Islam, wajib, sunah, makruh, mubah dan haram disebut ….
a.
Asal
hukum/asal masalah
b.
Hukum
orang Islam
c.
Lima
macam hukum agama
d.
Hukum
taklifi
e.
Hukum
yang dijalankan umat Islam
18.
Kesepakatan
ulama dalam menetapkan status hukum perkara disebut …
a.
Qiyas
b.
Ijmak
c.
Jamak
d.
Urusan
bersama
e.
Khilafiyah
19.
Qiyas
hanya boleh dilakukan terhadap persoalan yang …..
a.
Mempunyai
persamaan sebab
b.
Serupa
tapi tak sama
c.
Tidak
berlawanan
d.
Tidak
dapat dimufakati
e.
Mempunyai
persamaan illat/alasan
20.
Perkara
yang dijadikan pertimbangan dalam menetapkan maslahah mursalat adalah:
a.
Keselamatan
umat dari kehancuran
b.
Adanya
keuntungan yang besar
c.
Kebaikan
bersama
d.
Berbagai
persoalan yang muncul
e.
Terselesaikan
persoalan
B.
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat.
1.
Sebutkan
satu modal pokok yang harus dimiliki oleh orang yang ijtihad?
2.
Faktor
apakah yang menjadi penyebab perlunya diadakan ijtihad?
3.
Bagaimana
cara Rasulullah saw, memberi penghargaan terhadap orang yang ijtihad?
4.
Siapakah
Mu’az bin Jabal itu? Adakah yang dia alami berkaitan dengan ijtihad?
5.
Seorang
mujtahid harus mukallaf. Bagaimanakah maksudnya?
6.
Seorang
mujtahid harus paham Alquran dan Hadis. Mengapa demikian?
7.
Mengapa
mujtahid harus memiliki kemampuan untuk mengurai dan menyimpulkan masalah?
8.
Jelaskan
pengertian hukum taklifi?
9.
Ada berapa
macamkah hukum taklifi itu? Tuliskan?
10.
Jelaskan
pengertian hukum “mubah” dan berikan contohnya?
BAB VII
PEMBINAAN UMAT PERIODE MAKKAH
A.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a, b, c, d atau e pada jawaban
yang tepat.
1.
Tahun
kelahiran Nbai saw, disebut tahun Gajah karena saat itu ….
a.
Banyak
tentara yang berkendaraan gajah
b.
Tahun
gajah termasuk kendaraan untuk berperang
c.
Pada
tahun itu datang tentara Abrahah yang berkendaraan gajah
d.
Tahun
kemelaratan
e.
Tentara
kerajaan Yaman banyak berkendaraan gajah
2.
Halimah
As-Sa’diyah seorang wanita pedesaan yang berjasa besar dalam ….
a.
Mengantarkan
kepulangan Nabi saw, ke Abwa’
b.
Menyembunyikan
Nabi saw, dari kejaran orang-orang Yahudi
c.
Mengasuh
Nabi saw, ketika masih bayi sampai kurang lebih berumur 4 tahun
d.
Mengantar
kepulangan Nabi saw, dari Syam
e.
Telah
berhasil membesarkan Nabi saw, setelah ditinggal wafat pamannya
3.
Sepeninggal
ibunya, Rasulullah saw, diasuh oleh . . . . . . .
a.
Abdul
muthalib (kakeknya)
b.
Khadijah(calon
istrinya sendiri)
c.
Abbas
bin abdul muthalib (pamannya)
d.
Hamzah
bin abdul muthalib
e.
Maisyrah
4.
Secara
lahiriah, Rasulullah saw, selamat dari incaran orang – orang yahudi di syam
atas jasa seorang pendeta kristen yang bernama . . . . . .
a.
Naufal
bin warakah
b.
Surakah
bin Malik
c.
Warakah
bin Naufal
d.
Buhaira/bahira
e.
Malik
bin surakah
5.
Faktor
yang mendorong khadijah mengajak Rasulullah saw untuk berumah tangga adalah . .
.
a.
Keadaan
Rasullah saw yang memperihatinkan
b.
Kedudukan
Rasullah saw yang cukup terhormat
c.
Status
sosial beliau yang tinggi dilingkungan msyarakat saat itu
d.
Gelar
al’amin yang dicapai Rasulullah saat itu
e.
Kepribadian
Rasulullah yang amat mulia
6.
Semua
putra dan putri Rasullah saw telah mendahului wafat (sebelum beliau wafat)
kecuali .
a.
Ibrahim
b.
Rukhayah
c.
Abdullah
d.
Fatimah
e.
Qasim
7.
Masyarakat
Mekah memberi gelar “al’amin” kepada Rasullah saw sebagai berikut . . .
a.
Pengakuan
mereka terhadap kedudukan beliau yang mulia
b.
Pengakuan
mereka terhadap kepribadian beliau yang amat luhur
c.
Keistimewaan
Rasulullah saw dibanding orang lain
d.
Pengakuan
terhadap beliau sebagai Rasul Allah
e.
Ketidakpastian
sikap mereka dalam menilai kepribadian beliau
8.
Pemberian
gelar “al’amin” dilakukan kepada Rasulullah saw. Karena . . . .
a.
Rasulullah
saw ternyata orang yang baik yang pertama kali tiba di masjidil haram
b.
Suatu
tradisi bagus yang berlaku di tanah arab saat itu
c.
Jasa
beliau menggagalkan Raja Abrhah yang hendak menghancurkan ka’bah
d.
Keberanian
Rasulullah memasang kembali hajar aswad kedinding ka’bah
e.
Kebijaksanaan
beliau saat memasang kembali hajar aswad ke dinding ka’bah
9.
Adapun
awal kebencian masyrakat makkah terhadap Rasulullah saw. Adalah karena . . . .
a.
Rasululah
saw berasal dari susku bangsa Quraisy
b.
Kepribadian
beliau yang berubah total
c.
Agama
yang beliau siarkan bertentangan dengan agama yang mereka anut
d.
Rasulullah
saw kurang mendapat dukungan dari bangsa Quraisy
e.
Perkembangan
pola pikir masyarakat makkah saat itu
10.
Nabi
Muhammad saw. Resmu diangkat sebagai Rasul Allah ditandai dengan . .
a.
Diterimanya
wahyu QS. Al alaq ayat 1 – 5
b.
Diresmikannya
pernikahan beliau dengan Khadijah binti Khwalid
c.
Munculnya
keinginan berkhalawat/menyendiri di Gua Hira
d.
Kedewasaan
berfikir beliau ketika berusia 40 tahun
e.
Pemberian
gelar al’amin oleh masyarakat makkah saat itu
11.
Isi
pokok QS.Al’Alaq ayat 1-5 adalah:
a.
Perintah
untuk membaca (belajar)
b.
Perintah
untuk membaca Alquran
c.
Larangan
berbuat syirik (menyekutukan Allah dengan yang lain)
d.
Kewajiban
beribadah kepada-Nya
e.
Perintah
untuk mengagungkan Allah swt
12.
Rasulullah
saw, melaksanakan tugas dakwahnya secara sembunyi-sembunyi selama lebih kurang
..
a.
Dua tahun
b.
Tiga
tahun
c.
Rmpat
tahun
d.
Lima
tahun
e.
Enam
tahun
13.
Dalam
kurun waktu itu telah masuk Islam sebanyak:
a.
20 orang
b.
30
orang
c.
39
orang
d.
40
orang
e.
42
orang
14.
Rasulullah
saw, memulai dakwahnya secara terang-terangan, pertama kali dilakukan di …
a.
Bukit
marwah
b.
Darunnadwah
c.
Pasar
Ukaz
d.
Bukit
shafa
e.
Jabal
Thariq
15.
Rasulullah
saw, memberi gelar “Ash-Shiddiq” kepada Abu Bakar karena ia ….
a.
Sebagai
mertua beliau
b.
Terkenal
orang yang sangat jujur
c.
Orang
yang pertama kali masuk Islam, di saat orang kafir memusuhinya
d.
Menjadi
sahabat dan mertua beliau
e.
Selalu
membenarkan apa-apa yang diucapkan beliau
16.
Dakwah
Rasulullah saw, selama beliau masih di Makkah (sebelum Hijrah) ditekankan dalam….
a.
Pembinaan
sikap mental masyarakat
b.
Penegakan
hukum Islam
c.
Kemampuan
membaca dan menulis
d.
Pembangunan
ekonomi
e.
Pembinaan
kematian
17.
Secara
keseluruhan, Rasulullah saw, melaksanakan dakwahnya di Makkah dan Madinah
selama lebih kurang:
a.
10
tahun
b.
13
tahun
c.
22
tahun
d.
23
tahun
e.
25
tahun
18.
Rasulullah
saw, bertugas membersihkan jiwa manusia dari …
a.
Yang
gelap menuju ke terang benderang
b.
Bertuhan
yang banyak menuju Tuhan yang satu
c.
Syirik
menuju Tauhid
d.
Berbagai
penyaikit jiwa yang dapat merusak iman
e.
Agama
terdahulu menuju agama Islam
19.
Dalam
Islam, kalimat Tauhid (la ilaaha illallah) merupakan:
a.
Hukum
Islam
b.
Pondasi
atau dasar keyakinan
c.
Awal
ucapan setiap muslim
d.
Kesempurnaan
keyakinan muslim
e.
Keseimbangan
dalam beramal
20.
Semua
amal manusia dapat bernialai ibadah apabila dilandasi dengan:
a.
Keimanan
yang benar kepada Allah
b.
Niat
yang bersih, tanpa pamrih
c.
Ketulusan
hati dan ikrar pelakunya
d.
Niat
yang jelas dan terang
e.
Tujuan
yang jelas dan terarah
B.
JAWABLAH SOAL-SOAL DI BAWAH INI DENGAN SINGKAT DAN TEPAT.
1.
Rasulullah
saw, memulai dakwahnya secara sembunyi-sembunyi. Apakah alasannya?
2.
Apakah
perbedaan besar agama yang didakwahkan Rasulullah saw, dengan agama yang dianut
masyarakat saat itu?
3.
وانذر عشيرتك الاقربين (الشعراء) Bagaimanakah pelaksanaan dakwah menurut ayat
tersebut?
4.
Bagaimanakah
reaksi masyarakat Makkah pada umumnya ketika Rasulullah saw, memulai dakwah
secara terang-terangan? Siapakah orang yang pertama kali menentang dakwah
beliau?
5.
Adakah
ayat Alquran yang turun saat itu? Tuliskan ?
6.
Mayoritas
penduduk Makkah pada awal dakwah Islam disebut kaum musyrikin Makkah. Mengapa demikian?
7.
Dapatkah
engkau berdakwah dalam bentuk amar ma’ruf di lingkungan kelasmu? Kemukakan
sebuah contoh?
8.
Berdakwah
dalam bentuk amar ma’ruf lebih banyak dilakukan daripada dalam bentuk nahi
munkar. Mengapa demikian?
9.
Para
Da’i giat melaksanakan amar ma’ruf, sedangkan penjahat melakukan nahi
munkar dan amar ma’ruf. Kemukakan contoh nahi munkar dan amar
ma’ruf?
10.
Adakah
cara yang dapat ditempuh agar resiko dakwah relatif kecil/ringan? jelaskan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar