Selasa, 18 Desember 2012

NASKAH KULTUM

NASKAH KULTUM ( IKHLAS )

Assalamu'alaikum warahmatullahita'ala wabarakatuh
الحمد لله نستعينه ونستغفره، ونعوذ بالله من شرور أنفسنا ومن سيّئات أعمالنا، من يهده الله فلا مضلّ له، ومن يضلل فلا هادي له، وأشهد أن لا إله إلا الله وحده لا شريك له، وأشهد أنّ محمدا عبده ورسوله.  اما بعد.
Jamaah yang dirahmati Allah….
Saya akan bercerita tentang kisah yang sarat akan hikmah, kisah tentang sesosok muslimah yang luar biasa hebatnya, wanita tersebut bernama Rabbiataul adawiyah, sosok wanita yang masya Allah begitu kuat imannya dan zuhud hidupnya. Suatu ketika beliau berjalan-jalan dengan membawa obor di tangan kanannya dan air ditangan kirinya., ketika itu orang-orang yang berada disekitarnya terheran-heran dan bertanya, " hai rabbiatul adawiyah apa maksud dan artinya, tangan kanan engkau bawa obor dan air ditangan kirimu, apakah maksudnya ?

Kemudian beliau menjawab, " ouw kalau kalian tahu apa maksud obor ditangan kananku dan air di tangan kiriku, ini adalah sebuah pesan & pembelajaran untuk diriku. Kalau seandainya saja Allah memberikan aku kekuatan dan mengijinkan aku untuk membakar syurga, maka aku akan bakar syurga itu dengan obor di tangan kananku"
Semua orang menjadi semakin terheran-heran " jangan nekat wahai rabbiatul addawiyah, mengapa engkau ingin membakar syurga ?
Kemudian beliau menjawab, " biar saya beribadah,saya sholat haji dan puasa bukan karena saya ingin masuk syurga, tapi semua saya lakukan hanya mengharap ridho Allah SWT."
" baik kalau begitu, apakah arti air ditangan kirimu itu ? "
Beliau menjelaskan , " ini symbol pembelajaran bagi diriku, kalau seandainya Allah mengijinkan aku memadamkan api neraka maka aku akan mematikan api neraka yang ada ditangan kiriku "
Semua orang kembali menjadi terheran-heran " kenapa engkau nekat begitu, apa maksudnya ?
Kemudian beliau menjawab, " kenapa saya ingin mematikan api neraka dengan air yang ada di tangan kiriku ini ?itu pesan pada diriku, biar saya tidak melakukan dosa, biar saya meninggalkan maksiat, bukan karena saya takut akan api neraka , tapi maksiat semua larangan Allah aku tinggalkan lebih karena takut kepada Allah SWT.
Subhanallah…!? Ini pesan untuk kita semua, untuk melakukan semua apa yang Allah perintahkan harus karena Allah dan untuk Allah. Ingat, semua apa yang kita tinggalkan dari apa yang Allah larang kepada kita, kita tinggalkan bukan karena takut akan api neraka tapi karena takut kepada Allah.
Subhanallah..!? ini pesan agar kita menata hati,dan memantapkan niat kita agar selalu beramal lillahita'ala, ikhlas semata-mata karena Allah SWT.
Jamaah sekalian,
Ingatlah para ulama pernah mengatakan bahwa ciri-ciri orang yang ikhlas ialah orang yang mampu menyembunyikan kebaikannya sebagaimana ia pandai menutupi keburukannya, ibarat kata tangan kanan mengeluarkan tangan kiri tak pernah tau apa yang dikeluarkan oleh tangan kanan. Orang – orang seperti ini adalah orang – orang yang tak pernah gila akan pujian orang lain. Orang – orang seperti ini adalah orang – orang yang sulit digoda oleh syetan, karena syetan sendiri pernah menyatakan kepada Allah , " kecuali hamba-hamba mu ya Allah yang ikhlas, yang sulit aku goda dan aku sesatkan "
Mari jadikan ramadhan menjadi media yang melatih kita untuk selalu berpuasa, beramal dan beribadah hanya karena Allah.
Ilmu ibarat bibit padi, amal ibarat sawah , dan ikhlas adalah pengairan. Apalah artinya bibit dan apa gunanya sawah kalau tidak ada pengairan di sekitarnya. Apalah artinya ilmu kalau tidak diamalkan, dan apalah gunanya amal kalau tidak dibungkus dengan keikhlasan. Mudah-mudahan ramadhan tahun ini menjadikan kita pribadi yang muhlisin yang beramal dan beribadah semata-mata karena Allah dan untuk Allah.
Kebenaran datangnya dari Allah, kesalahan semata-mata karena kekurangan ilmu saya
Semoga ada hikmah yang bisa dipetik
MARI KITA TUTUP DENGAN DOA PENUUTUP MAJLIS.
سُبْحَانَكَ اللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلهَ إِلاَّ أَنْتَ أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ
Wassalamualaikum wr wb

Tidak ada komentar:

Posting Komentar